Travel

5 Destinasi Wisata Alam Populer di Jawa Tengah Yang Wajib Dikunjungi

wisata dataran tinggi dieng

Anekajateng.com – Jawa Tengah sebagai salah satu provinsi yang terletak di pulau Jawa, Indonesia, memiliki pesona yang sangat mengagumkan dengan kekayaan alamnya yang luar biasa. Dari deretan pegunungan yang menawarkan pemandangan matahari terbit spektakuler hingga telaga dengan air berwarna-warni, Jawa Tengah menyajikan berbagai destinasi wisata alam yang patut dikunjungi. Inilah lima tempat wisata populer yang dapat Anda eksplor di provinsi ini:

1. Destinasi Wisata Gunung Sikunir dengan Pesona Golden Sunrise

Salah satu destinasi paling populer di Jawa Tengah adalah Gunung Sikunir, yang terkenal dengan pemandangan matahari terbitnya yang memukau. Terletak di Kabupaten Wonosobo, gunung ini menawarkan pengalaman unik dengan nuansa matahari terbit yang disebut sebagai “Golden Sunrise.” Gunung sikunir memiliki ketinggian 2.300 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Untuk menikmati pemandangan matahari terbit di Gunung Sikunir, wisatawan harus mendaki terlebih dahulu. Jarak pendakian dari basecamp ke puncak Gunung Sikunir sekitar 1,5 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Akses menuju Gunung Sikunir tergolong mudah. Dari Kota Wonosobo, wisatawan dapat menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi menuju Desa Sembungan. Dari Desa Sembungan, wisatawan dapat berjalan kaki atau menyewa ojek menuju basecamp Gunung Sikunir.

Destinasi Wisata Gunung Sikunir
Destinasi Wisata Gunung Sikunir dengan Pesona Golden Sunrise

Waktu terbaik untuk mendaki Gunung Sikunir adalah pada saat musim kemarau, yaitu pada bulan April hingga Oktober. Pada saat musim kemarau, cuaca di Gunung Sikunir lebih cerah sehingga pemandangan matahari terbitnya lebih indah. Keindahan alam sekitar, dengan hamparan perbukitan yang terhampar luas, memberikan pesona tersendiri bagi para pendaki dan pengunjung. Warna keemasan matahari terbit yang memantul di awan dan pegunungan menciptakan momen yang tidak terlupakan.

2. Destinasi Wisata Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng, terletak di Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo, adalah tempat lain yang tidak boleh dilewatkan di Jawa Tengah. Dikenal dengan keajaiban alamnya yang unik, dataran tinggi ini menawarkan kawah purba, telaga, dan savana yang memikat hati pengunjung. Kawah-kawah purba yang tersebar di sekitar wilayah ini menjadi bukti sejarah geologi yang menarik untuk dieksplorasi. Telaga-telaga yang tersebar di dataran tinggi ini, seperti Telaga Warna, menambah pesona dengan air berwarna-warni, menciptakan pemandangan yang memukau.

Destinasi Wisata Dataran Tinggi Dieng
Destinasi Wisata Dataran Tinggi Dieng

Akses menuju Dataran Tinggi Dieng terbukti cukup mudah, memberikan kemudahan bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi keindahan alamnya. Dari pusat Kota Wonosobo, tersedia opsi transportasi yang dapat dipilih, baik menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi untuk mencapai Desa Dieng Kulon yang merupakan pintu gerbang menuju destinasi ini. Rute perjalanan yang dapat diambil bisa menggunakan kendaraan umum seperti bus atau angkutan kota (angkot) yang membawa wisatawan ke Kecamatan Batur. Dari sana, perjalanan dapat dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan umum berupa angkutan desa, membawa para pengunjung menuju Desa Dieng Kulon dengan aman dan nyaman.

Untuk merencanakan kunjungan yang optimal, wisatawan disarankan untuk memilih waktu yang tepat. Musim kemarau, yang berlangsung dari bulan April hingga Oktober, dianggap sebagai periode terbaik untuk mengunjungi Dataran Tinggi Dieng. Pada musim ini, cuaca cenderung lebih cerah, memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati keindahan alamnya dengan lebih baik. Cuaca yang bersahabat memungkinkan wisatawan untuk mengeksplorasi tempat ini tanpa harus khawatir akan hujan atau cuaca buruk lainnya. Sehingga, kunjungan selama musim kemarau menjadi pilihan yang strategis untuk menikmati segala pesona Dataran Tinggi Dieng dengan maksimal.

3. Destinasi Wisata Gunung Prau, Surga bagi Pecinta Alam

Gunung Prau merupakan destinasi populer lainnya di Jawa Tengah yang menarik para pecinta alam dan pendaki. Gunung Prau adalah salah satu gunung yang terletak di Wonosobo, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian 2.565 mdpl dan menjadi salah satu destinasi wisata paling populer di Jawa Tengah. Gunung Prau menawarkan pemandangan alam yang sangat indah, termasuk pemandangan sunrise dan sunset yang sangat memukau. Selain itu, Gunung Prau juga memiliki berbagai fasilitas wisata yang lengkap, seperti camping ground, homestay, dan warung-warung makanan. Pendakian menuju puncak Gunung Prau memberikan pengalaman mendebarkan dengan rute yang menantang, tetapi pemandangan spektakuler dari puncaknya membuat setiap usaha terbayar dengan indah.

Related posts

Pesona Keindahan Pantai Kuta Mandalika, Destinasi Wisata Terkini di Nusa Tenggara Barat

Imam

Menikmati Keindahan Alam Pantai Rancababakan di Pulau Nusakambangan, Cilacap

Imam

Pesona Pantai Mawun, Permata Tersembunyi Lombok Tengah

Imam

3 comments

Penpen December 30, 2023 at 19:38

Masya Allah pemandangannya bagus sekali

Reply
Imam January 12, 2024 at 08:54

Thank u

Reply
ibnu jacky January 19, 2024 at 13:47

Jateng ternyata masih menyimpan surga tersembunyi ….

Reply

Leave a Comment