NewsTravel

6 Destinasi Wisata yang Menakjubkan di Pulau Nusakambangan

Destinasi Wisata di Nusakambangan

ANEKAJATENG.COM – Pulau Nusakambangan, yang juga dikenal sebagai Pulau Penjara, terletak di selatan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Meskipun terpisah oleh Selat Segara Anakan dari Pulau Jawa, pulau ini secara administratif termasuk dalam wilayah Kabupaten Cilacap. Namun, Pulau Nusakambangan berada di bawah otoritas Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Namanya yang melekat sebagai Pulau Penjara tidaklah tanpa alasan, sebagaimana pulau ini dihuni oleh beberapa penjara atau Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dengan penjagaan maksimum (super maximum security).

Pulau Penjara dan Obyek Wisata Unik

Lapas Nirbaya dan Karanganyar yang berdiri sejak tahun 1912, Lapas Batu dan Gliger (1925), Besi (1927), Lapas Permisan (1928), Lapas Karang Tengah dan Limus Buntu (1935), LP Kembangkuning (1950), Lapas Pasir Putih dan Terbuka (2007), serta LP Narkotika (2008) adalah sebagian nama-nama lapas yang tersebar di Pulau Nusakambangan. Pulau ini juga menjadi tempat berisiko tinggi di mana ratusan narapidana teroris menjalani masa hukuman dan di mana eksekusi hukuman mati dijalankan.

Meskipun dikenal sebagai Pulau Penjara, Pulau Nusakambangan ternyata menyimpan pesona alam yang menakjubkan. Pulau ini bukan hanya destinasi bagi mereka yang berkepentingan dengan ranah hukum, tetapi juga menjadi tempat wisata yang menarik bagi masyarakat umum. Dengan akses yang dapat ditempuh melalui Pelabuhan Wijayapura Cilacap, wisatawan dapat menyeberang menuju Pelabuhan Sodong Nusakambangan menggunakan kapal ferry. Alternatif lainnya adalah menyeberang dari Pantai Teluk Penyu dengan perahu nelayan yang biasa disewakan.

Baca Juga : Tanggal Lahir Presiden Soekarno Pernah Jadi Hari Libur Nasional?

1. Pantai Permisan: Pesona Pantai Komando

Salah satu destinasi yang dapat dikunjungi di Pulau Nusakambangan adalah Pantai Permisan, juga dikenal sebagai Pantai Komando. Pantai ini menghadap langsung ke Samudra Hindia dan memiliki daya tarik tersendiri. Terdapat sebuah bukit batu karang dengan monumen pisau komando raksasa yang menjulang di atasnya. Pantai Permisan sering digunakan sebagai tempat berlatih bagi para prajurit TNI, menambah nuansa eksotis di sekitar pantai ini.

Related posts

Masyarakat Indonesia Mengalami Fenomena Equinox, Apa Itu dan Dampaknya?

Imam

Suku Bunga Bakng – NIM Bank-Bank Digital Indonesia Membumbung Tinggi Meski Ancaman OJK Mengintai

Imam

Mengenal Lebih Jauh Character AI, Chatbot dengan Karakter Unik

Imam

Leave a Comment