EducationNewsTravel

Benteng Klingker, Menara Silinder Bersejarah di Pulau Nusakambangan

Benteng Klingker, Menara Silinder Bersejarah di Pulau Nusakambangan

ANEKAJATENG.COM – Benteng Klingker merupakan salah satu benteng peninggalan Belanda yang terletak di Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, menjadi salah satu saksi bisu sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Benteng ini dibangun pada tahun 1850-an dan merupakan bagian dari sistem pertahanan laut Belanda di Jawa Tengah.

Benteng Klingker memiliki bentuk yang khas, yaitu berbentuk menara silinder dengan diameter sekitar 12 meter dan tinggi sekitar 15 meter. Benteng ini dibangun dengan menggunakan batu bata merah dan semen. Dinding bentengnya memiliki ketebalan sekitar 2 meter, dan dilengkapi dengan lubang-lubang untuk menembakkan meriam.

Baca Juga : Menikmati Keindahan dan Sejarah di Pantai Permisan, Pulau Nusakambangan

Salah satu hal menarik tentang Benteng Klingker adalah bentuknya yang unik, yaitu berbentuk menara silinder. Bentuk ini membuat benteng ini lebih kokoh dan sulit untuk dihancurkan oleh musuh. Benteng Martello adalah jenis benteng yang dibangun oleh Inggris pada abad ke-18. Benteng Klingker merupakan salah satu benteng Martello yang masih ada di Indonesia.

Selain bentuknya yang unik, lokasi Benteng Klingker yang strategis juga menjadi salah satu hal menarik tentang benteng ini. Benteng ini terletak di sebuah bukit di tepi Pantai Karang Tengah, Nusakambangan. Lokasi ini membuat benteng ini dapat digunakan untuk mengawasi dan menghalau serangan musuh dari laut.

Related posts

Cek Harga Batu Kali 1 Truk Saat Ini

Imam

Masa Depan Batu Bara: Transisi Energi dan Peran Batu Bara dalam Perekonomian Dunia

Imam

Apollo 14 Mendarat di Bulan: Sebuah Epos Eksplorasi Antariksa

Imam

Leave a Comment