Education

Universitas Gadjah Mada (UGM) – Daftar Daya Tampung dan Peminat Jalur Masuk UGM 2024/2025

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Daya Tampung dan Peminat UGM – Universitas Gadjah Mada (UGM) yang terletak di pulau Jawa dikenal sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia, menarik minat calon mahasiswa setiap tahunnya. Proses seleksi masuk ke UGM selalu menjadi sorotan karena tingkat keketatan yang tinggi, memerlukan persiapan matang bagi calon mahasiswa untuk bersaing memperebutkan kursi di kampus prestisius ini. Dalam mengevaluasi daya tampung dan tingkat antusiasme peminat UGM, kita dapat merujuk pada data Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) tahun 2023 sebagai landasan untuk SNBP tahun 2024/2025.

Profil UGM: Pusat Keilmuan dan Identitas Kebudayaan

UGM saat ini memiliki 18 fakultas, 1 gimnasium, dan 1 sekolah profesi yang menyediakan berbagai program studi. Sesuai dengan Tridharma perguruan tinggi, UGM mencakup kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat. Sejak awal kemerdekaan Indonesia, UGM didirikan dengan tujuan menjadi pusat keilmuan dan kebudayaan nasional bagi penyelenggaraan pendidikan tinggi. Pendirian UGM sendiri merupakan hasil gabungan dari beberapa SMA, balai latihan, dan universitas di Yogyakarta, Surakarta, dan Klaten.

Arti nama Gadjah Mada, yang diambil dari Mahapatih Gadjah Mada, mencerminkan semangat penyatuan nusantara. Identitas UGM dirumuskan sebagai Universitas Perjuangan, Pancasila, Nasional, Masyarakat, dan Pusat Kebudayaan. Ini menciptakan fondasi kuat untuk eksistensi kampus sebagai lembaga pendidikan unggul dengan visi yang mendalam.

Jalur Masuk UGM

UGM menawarkan beberapa metode pendaftaran bagi calon mahasiswa baru. Selain Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), jalur mandiri UGM juga memiliki dua kategori, yaitu serangkaian pencapaian independen dan serangkaian tes tertulis independen. Semua jalur ini terbuka untuk tingkat studi sarjana dan D4.

Baca Juga : 5 Top Universitas dengan Jurusan Teknik Kimia Terbaik di Indonesia

Pada SNBT tahun 2022, sebanyak 2.826 mahasiswa baru akan diterima pada mata kuliah Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), sementara kursus Ilmu Sosial memberikan ruang untuk 843 siswa. SNBT menjadi salah satu jalur yang sangat diminati oleh calon mahasiswa karena memberikan peluang bagi mereka dengan prestasi luar biasa dalam berbagai bidang.

Related posts

Eksplorasi Keindahan dan Sejarah Benteng Karangbolong di Pulau Nusakambangan

Imam

Bakteri Oportunistik : Ancaman Tersembunyi bagi Sistem Kekebalan Tubuh

Imam

Membongkar Jejak Pencipta Drone Pertama di Dunia

Imam

Leave a Comment