NewsTech

Google, Mesin Pencari yang Mendominasi Dunia Internet

Google

Teknologi – Google, sebuah nama yang tidak asing lagi bagi setiap pengguna internet di seluruh dunia. Mesin pencari ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita, memimpin dengan perbedaan yang mencengangkan dari pesaing terdekatnya, Bing, dengan pangsa pasar mencapai 88,57%.

Sejak diluncurkan 25 tahun yang lalu pada tahun 1998, Google telah memimpin pasar pencarian internet dengan kemampuannya yang luar biasa untuk menyediakan jawaban yang akurat dan relevan dengan cepat.

Statistik dari lembaga riset Statista dan Statcounter menunjukkan dominasi Google dalam pasar pencarian di semua platform, baik itu desktop, seluler, maupun tablet.

Dengan pangsa pasar sebesar 81,74% untuk pencarian melalui desktop dan mencapai 95,49% untuk pencarian melalui perangkat seluler, Google secara tak terbantahkan merupakan penguasa utama dalam dunia pencarian internet.

Pertanyaan yang sering muncul adalah, mengapa Google menjadi mesin pencari yang paling populer? Jawabannya tidaklah sederhana, tetapi intinya terletak pada kualitas hasil pencarian yang disajikan oleh Google.

Baca Juga : Membongkar Jejak Pencipta Drone Pertama di Dunia

Google telah mengembangkan algoritme canggih yang memungkinkan untuk menyajikan hasil pencarian yang paling relevan dan akurat kepada penggunanya.

Pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin, mengemukakan konsep bahwa situs web yang banyak direferensikan oleh situs web lainnya cenderung lebih penting dan berhak mendapatkan peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Konsep ini kemudian dikenal sebagai algoritme PageRank, yang menjadi dasar dari algoritme pemeringkatan Google.

Namun, seiring berjalannya waktu, algoritme pemeringkatan Google telah berkembang jauh lebih kompleks.

Selain faktor PageRank, ada ratusan faktor lain yang dipertimbangkan oleh algoritme Google dalam menentukan peringkat suatu halaman web dalam hasil pencarian.

Related posts

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) sebagai Cikal Bakal Sejarah Hari Pers Nasional 9 Februari

Imam

Membedah Kekurangan Fleksibilitas dalam Sistem Pendidikan Indonesia

Imam

Mengintip Jauh ke Masa Depan Militer Amerika: Long Range Hypersonic Weapon (LRHW) Siap Mengejar Keunggulan

Imam

Leave a Comment