EducationLifestyleNews

Kapal Pinisi, Pesona Indonesia yang Menginspirasi Google Doodle Hari Ini

Pada tanggal 7 Desember 2017, Kapal Pinisi Indonesia diakui sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO di Paris, Prancis.

ANEKAJATENG.COM – Jika Anda membuka Google pada hari Kamis, 7 Desember, baik melalui perangkat mobile maupun PC, Anda pasti akan disambut oleh gambar kapal Pinisi di halaman muka pencarian. Ternyata, Google merayakan kapal Pinisi sebagai inspirasi untuk Doodle-nya hari ini. Mengapa kapal Pinisi dipilih untuk ditampilkan dalam Doodle? Hal ini berkaitan erat dengan sejarah dan prestasi kapal Pinisi yang patut dirayakan.

Pada tanggal 7 Desember 2017, Kapal Pinisi Indonesia diakui sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO di Paris, Prancis. Keputusan ini menjadikan seni pembuatan kapal Pinisi dari Sulawesi Selatan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (Intangible Cultural of Humanity). Ini bukan hanya sebuah penghargaan bagi Indonesia, tetapi juga mencerminkan pentingnya kapal Pinisi dalam konteks keanekaragaman budaya global.

Baca Juga : Pulau Kepala Batu, Keajaiban Moai di Pulau Paskah

Kapal Pinisi bukanlah sembarang kapal. Sebagaimana dikutip dari laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), kapal ini memiliki makna mendalam sebagai simbol dari keberagaman budaya Indonesia. Sejak kemunculannya pada abad ke-16 di Indonesia, kapal ini sering digunakan oleh pelaut Konjo, Bugis, dan Mandar asal Sulawesi Selatan untuk keperluan pengangkutan barang. Awalnya, kapal ini dirancang untuk perdagangan, tetapi seiring berjalannya waktu, banyak kapal Pinisi yang beralih fungsi menjadi daya tarik wisata.

Related posts

Godzilla x Kong: The New Empire, Petualangan Epik Kembali Hadir!

Imam

Nilai Tukar Rupiah Melemah Terhadap Dolar AS di Tengah Proyeksi Penurunan Suku Bunga oleh The Fed

Imam

5 Mesin Pencari Paling Populer Di Dunia

Imam

Leave a Comment