Education

Melacak Jejak Majapahit di Jawa Tengah

Majapahit

Anekajateng.com – Jawa Tengah, sebuah provinsi yang terletak di Pulau Jawa, Indonesia, adalah tempat yang kaya akan sejarah dan budaya. Salah satu bagian penting dari sejarah Jawa Tengah adalah jejak-jejak Kerajaan Majapahit, salah satu kerajaan terbesar dan paling berpengaruh dalam sejarah Indonesia. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi jejak-jejak peninggalan Kerajaan Majapahit yang tersebar di Jawa Tengah, seperti candi, prasasti, dan situs-situs bersejarah lainnya. Kami juga akan membahas sejarah Kerajaan Majapahit dan peranannya dalam perkembangan kebudayaan Jawa.

Sejarah Kerajaan Majapahit

Kerajaan Majapahit adalah kerajaan Hindu-Buddha yang berdiri di Jawa pada abad ke-13 hingga abad ke-16. Didirikan oleh Raden Wijaya, yang kemudian menjadi Raja Kertarajasa Jayawardhana, kerajaan ini tumbuh pesat dan mencapai puncak kejayaannya di bawah pemerintahan Hayam Wuruk. Hayam Wuruk dikenal sebagai salah satu raja paling kuat dan bijaksana dalam sejarah Majapahit.

“Majapahit mengajarkan kita bahwa kebesaran sebuah kerajaan tidak hanya diukur dari wilayah yang dikuasai, tetapi juga oleh warisan budaya yang ditinggalkan.”
Aneka Jateng

Majapahit menguasai wilayah yang meliputi sebagian besar Pulau Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, dan wilayah-wilayah lain di kepulauan Nusantara. Kerajaan ini adalah pusat kebudayaan dan perdagangan yang penting di Asia Tenggara pada masanya. Majapahit dikenal sebagai kerajaan maritim yang memiliki armada laut yang kuat dan mengontrol rute perdagangan penting.

Selama pemerintahan Hayam Wuruk, kerajaan ini mencapai masa keemasannya. Majapahit menjadi salah satu pusat budaya terkemuka di dunia, dan seni, sastra, dan agama berkembang pesat. Salah satu contoh terkenal dari kekayaan budaya Majapahit adalah naskah kakawin, puisi-puisi epik dalam bahasa Kawi yang menggambarkan cerita-cerita mitos dan sejarah.

Candi Borobudur: Peninggalan Agung Majapahit

Salah satu peninggalan agung Kerajaan Majapahit yang tersebar di Jawa Tengah adalah Candi Borobudur. Candi ini terletak di desa Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, dan merupakan salah satu situs warisan dunia yang terkenal.

Candi Borobudur dibangun pada abad ke-8 dan ke-9 Masehi oleh Wangsa Syailendra, salah satu wangsa penguasa di Jawa Tengah pada masa itu. Proses pembangunan Candi Borobudur diperkirakan memakan waktu sekitar 75 tahun. Candi ini dibangun dengan menggunakan batu andesit yang berasal dari sekitar lokasi candi. Batu-batu tersebut dibawa ke lokasi candi dengan menggunakan gerobak dan alat-alat sederhana lainnya.

Pembangunan Candi Borobudur dibagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama adalah pembangunan bagian bawah candi, yaitu Kamadhatu. Tahap kedua adalah pembangunan bagian tengah candi, yaitu Rupadhatu. Tahap ketiga adalah pembangunan bagian atas candi, yaitu Arupadhatu.

Related posts

Menguak Misteri Kecepatan Superluminal, Apakah Benda Bermassa Dapat Melebihi Kecepatan Cahaya?

Imam

Peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional, Pentingnya Mempertahankan Warisan Budaya

Imam

Peran Guru dalam Membentuk Karakter Bangsa

Imam

Leave a Comment