EducationLifestyleNews

Mengarungi Sejarah Hari Nusantara : Inovasi, Kreativitas, dan Cinta Tanah Air

Hari Nusantara

ANEKA JATENG – Hari Nusantara, yang diperingati setiap tanggal 13 Desember di Indonesia, menjadi suatu momen yang penuh makna dan semangat nasional. Hari ini dirayakan untuk mengenang dan merayakan Deklarasi Djuanda pada tanggal 13 Desember 1957, sebuah titik balik bersejarah yang memperluas wilayah laut Indonesia. Pernyataan tegas ini diwujudkan melalui karya Menteri Luar Negeri Indonesia, H.A. Salim, dan Menteri Kelautan, Ir. Djuanda Kartawidjaja. Deklarasi Djuanda, yang awalnya memperluas batas wilayah laut Indonesia menjadi 12 mil dari garis pantai pada tahun 1957, kemudian mengalami perluasan lebih lanjut menjadi 200 mil pada tahun 1982.

Deklarasi Djuanda : Tonggak Penting dalam Sejarah Indonesia

Deklarasi Djuanda pada dasarnya merespon kondisi saat itu di mana batas wilayah laut Indonesia hanya sejauh 3 mil dari garis pantai. Keadaan ini menyebabkan wilayah laut Indonesia terasa sangat terbatas dan tidak mencakup pulau-pulau di dalamnya. Melalui pernyataan tegas ini, pemerintah Indonesia mengukuhkan bahwa laut di antara dan di dalam kepulauan Indonesia merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari wilayah kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca Juga : Mitologi Yggdrasil: Pohon Dunia Nordik yang Membawa Kehidupan dan Kehancuran

Dalam perkembangannya, Deklarasi Djuanda menjadi tonggak penting dalam sejarah Indonesia karena berhasil memperluas wilayah laut menjadi 12 mil dari garis pantai, memberikan kedaulatan yang lebih besar atas laut di sekitar kepulauan Indonesia. Keputusan ini, yang ditempuh dengan tekad dan semangat nasionalisme, memberikan dasar hukum yang kokoh untuk melindungi dan memanfaatkan sumber daya laut yang melimpah di sekitar kepulauan Indonesia.

Peringatan Hari Nusantara : Momen untuk Menguatkan Rasa Nasionalisme

Peringatan Hari Nusantara memiliki tujuan yang mulia, yaitu mengenang Deklarasi Djuanda sebagai titik balik penting dalam sejarah Indonesia. Selain itu, peringatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia tentang pentingnya laut bagi kehidupan bangsa. Masyarakat diajak untuk merenungkan dan memahami betapa laut memiliki peran yang sangat krusial dalam aspek kehidupan, mulai dari perekonomian hingga keberlanjutan ekosistem.

Related posts

Kang Mak : Remake Horor Komedi Thailand “Pee Mak” Siap Guncang Layar Lebar Indonesia

Imam

Mau Beli Rumah? Ini dia 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Rumah di Cluster Perumahan

Imam

Panduan dan Tips Praktis Mengoptimalkan Penggunaan Facebook Pro

Imam

Leave a Comment