Education

Hari Pahlawan : Mengenang Pergolakan Surabaya yang Mengantar Kemerdekaan Indonesia

Hari Pahlawan

Anekajateng.com – Setiap tanggal 10 November, Indonesia merayakan Hari Pahlawan untuk mengenang dan menghormati peristiwa bersejarah yang terjadi pada tanggal tersebut pada tahun 1945. Hari Pahlawan ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi bangsa Indonesia, karena pada tanggal tersebut, terjadi Pertempuran Surabaya, sebuah peristiwa yang menjadi salah satu tonggak penting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Pertempuran Surabaya: Epik Perlawanan Rakyat Indonesia

Pada tanggal 10 November 1945, pasukan Inggris, yang sebelumnya telah dibajak oleh Jepang, mendarat di Surabaya. Kedatangan pasukan Inggris ini menandai awal dari Pertempuran Surabaya yang membara. Pasukan Inggris segera mengeluarkan ultimatum kepada rakyat Surabaya, menuntut penyerahan senjata dan menghentikan perlawanan terhadap mereka. Namun, rakyat Surabaya dengan tegas menolak ultimatum tersebut.

Pertempuran antara rakyat Surabaya dan pasukan Inggris pun meletus pada tanggal 10 November 1945. Pertempuran berlangsung selama tiga minggu dengan intensitas yang tinggi, menyebabkan banyak korban jiwa di kedua belah pihak. Meskipun menghadapi pasukan yang lebih kuat secara militer, rakyat Surabaya yang dipimpin oleh tokoh pejuang seperti Bung Tomo berhasil mempertahankan kemerdekaannya dan mengusir pasukan Inggris dari kota tersebut.

Pertempuran Surabaya bukan hanya sekadar konflik bersenjata, melainkan juga sebuah peristiwa yang membangkitkan semangat kebangsaan dan keberanian rakyat Indonesia. Kepemimpinan Bung Tomo dan para pejuang lainnya menjadi simbol kekuatan dan tekad dalam melawan penjajahan.

Penetapan Hari Pahlawan: Mengenang Jasa Para Pejuang Kemerdekaan

Related posts

Transmigrasi Satukan Negeri: Menelusuri Sejarah dan Makna Hari Bhakti Transmigrasi

Imam

Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) : Meniti Jejak Seabad Mewujudkan Kesejahteraan Keluarga Indonesia

Imam

Mengenal Sejarah Panjang Candi Borobudur

Imam

Leave a Comment