EducationNews

Tanggal Lahir Presiden Soekarno Pernah Jadi Hari Libur Nasional?

Presiden-Pertama-Indonesia-Presiden-Ir-Soekarno

ANEKAJATENG.COM – Pada tanggal 24 November 1949, sebuah keputusan monumental diambil oleh Pemerintah Republik Indonesia Serikat (RIS) yang akan membentuk sebuah tradisi yang akan dikenang oleh rakyat Indonesia. Melalui Surat Keputusan Pemerintah RIS No. 23/1949, ditetapkanlah bahwa hari ulang tahun Presiden Soekarno akan dijadikan hari libur nasional. Sebuah keputusan yang bukan hanya mencerminkan penghormatan kepada pemimpin besar itu sendiri, namun juga sebuah langkah untuk memperkuat rasa nasionalisme dan patriotisme di kalangan masyarakat Indonesia.

Presiden Soekarno, tokoh sentral dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia, telah menjelma menjadi ikon yang dihormati oleh rakyatnya. Pada masa itu, Soekarno sedang menjabat sebagai Presiden RIS, dan keputusan ini segera disambut dengan antusiasme oleh masyarakat. Inilah awal dari sebuah tradisi perayaan yang melibatkan berbagai kegiatan, dari upacara bendera yang meriah hingga pertunjukan kesenian yang memukau.

Namun, seiring berjalannya waktu, pada tanggal 27 Desember 1950, keputusan ini harus ditarik kembali. RIS dibubarkan, dan Indonesia kembali menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dengan perubahan ini, hari ulang tahun Soekarno tidak lagi diakui sebagai hari libur nasional. Meski begitu, kenangan akan sosok Soekarno sebagai pemimpin besar yang turut berjuang dalam sejarah Indonesia tetap hidup di hati setiap rakyatnya.

Soekarno, Pemimpin Sentral dalam Perjuangan Kemerdekaan

Pertama-tama, alasan utama di balik penetapan hari ulang tahun Soekarno sebagai hari libur nasional adalah perannya yang sangat sentral dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Soekarno bukan hanya seorang pemimpin, namun juga seorang pejuang yang gigih melawan penjajahan. Dalam saat-saat kritis, namanya bersinar sebagai penggerak utama dalam mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Baca Juga : Akar Bahasa Indonesia, Memahami Asal Usul dan Karakteristiknya

Related posts

Mau Beli Rumah? Ini dia 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Rumah di Cluster Perumahan

Imam

Menikmati Keindahan Alam Pantai Rancababakan di Pulau Nusakambangan, Cilacap

Imam

Bakteri Oportunistik : Ancaman Tersembunyi bagi Sistem Kekebalan Tubuh

Imam

Leave a Comment