EducationLifestyle

Rahasia Grebeg Maulud, Keajaiban dan Antusiasme Tersembunyi di Balik Perayaan Megah!

Grebeg Maulud

Jawa Tengah, 10 November 2023 – Grebeg Maulud, sebuah tradisi tahunan yang telah melanglang buana selama ratusan tahun, terus menjadi bagian tak terpisahkan dari warisan budaya takbenda Indonesia. Dua keraton terkemuka di Jawa Tengah, yaitu Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, menjadi saksi perayaan megah ini yang menggema sebagai bentuk penghormatan terhadap Maulid Nabi Muhammad SAW.

Sekaten: Perayaan Keagamaan yang Mengakar dalam Budaya Jawa

Perayaan dimulai dengan rangkaian acara Sekaten yang berlangsung selama tujuh hari, dimulai pada tanggal 5 bulan Mulud atau Rabiul Awal. Pada masa lalu, Sekaten diwarnai oleh berbagai hiburan, termasuk pertunjukan wayang kulit, gamelan, dan tarian-tarian tradisional. Namun, saat ini, fokus Sekaten telah bergeser lebih ke arah kegiatan keagamaan, seperti pengajian dan ceramah agama. Ini menunjukkan evolusi perayaan dari bentuk hiburan menuju semangat keagamaan yang mendalam.

Grebeg Maulud: Puncak Megahnya Perayaan

Puncak dari rangkaian perayaan ini adalah Grebeg Maulud, yang diselenggarakan pada tanggal 12 bulan Mulud. Acara ini diawali dengan pengeluaran dua gunungan makanan dari dalam kompleks keraton, masing-masing dinamakan gunungan kakung (laki-laki) dan gunungan estri (perempuan). Gunungan kakung memuat hasil-hasil bumi seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan, sementara gunungan estri berisi makanan-makanan khas Jawa, seperti nasi tumpeng, opor ayam, dan gudeg.

Perjalanan Gunungan: Simbol Rasa Syukur dan Kebinekaan

Related posts

Awal Ramadhan 2024 Menurut Prediksi Muhammadiyah

Imam

7 Jurusan S2 yang Linear untuk Lulusan S1 Bioteknologi

Imam

Ciri-Ciri Orang yang Kesepian : Dari Luar Terlihat Bahagia, di Dalam Tersiksa

Imam

Leave a Comment